Information about Bagian Organ Mata dan Fungsinya...

Bagian Organ Mata dan Fungsinya

Bagian Organ Mata dan Fungsinya , pada kesempatan kali ini kantinilmu.id akan memberikan sebuah materi tentang IPA yang membahas tentang bagiab dari organ mata, dimana mata mempunyai fungsi yang sangat penting bagi manusia untuk melihat. OKe untuk itu simaklah artikel dibawah ini.

Mata merupakan alat indra manusia yang dipakai untuk melihat. Di bawah ini akan kita pahami dan pelajari bagian-bagian mata dan bagaimana cara kerja mata secara optik.

Bagian-bagian mata beserta Fungsinya.

Bagian Organ Mata dan Fungsinya
a. Kornea mata yaitu selaput (lapisan) luar bola mata yang tidak berwarna (bening). Fungsinya untuk menerima rangsangan cahaya dan meneruskan ke bagian mata yang lebih dalam. Kornea mata selalu dibasahi oleh air mata agar tetap bersih.

b. Iris adalah lapisan di depan lensa mata yang berwarna. Fungsi iris adalah untuk mengatur ukuran pupil.

c. Pupil adalah celah bundar di tengah iris. Fungsinya mengatur cahaya yang masuk ke mata.

d. Lensa mata yaitu benda bening di dalam bola mata yang berbentuk cembung. Fungsinya adalah meneruskan dan memfokuskan cahaya atau bayangan benda agar tepat jatuh pada retina. Ketebalan lensa dapat berubah-ubah. Jika mata melihat benda-benda yang dekat, lensa mata menjadi cembung. Sebaliknya jika mata melihat benda-benda yang jauh, lensa mata akan menjadi pipih. Kemampuan lensa mata untuk menjadi cembung dan menjadi pipih disebut daya akomodasi.

e. Retina adalah lapisan terdalam dari dinding bola mata. Berfungsi sebagai layar penerima bayangan benda. Lapisan retina yang mengandung sel-sel peka cahaya disebut bintik kuning, sedangkan sel-sel yang yang tidak peka terhadap sel cahaya disebut bintik buta.

f. Aqueous humour adalah cairan yang terdapat diantara kornea dan lensa mata. Vitreous humour terdapat diantara lensa mata dan retina. Kedua cairan tersebut berfungsi memberi bentuk dan kekukuhan pada mata.

g. Vitreus humor, cairan bening yang mengisi rongga mata. fungsinya adalah meneruskan cahaya dari lensa ke retina.

h. Otot mata, otot yang menyangga lensa kristalin dan mengatur besar kecilnya lensa.

i. Bintik kuning, lengkungan pada retina yang merupakan bagian yang paling peka pada retina.

j. Syaraf optik, penerus rangsang cahaya dari retina ke otak. Saraf mata ataupun yang biasa di sebut dengan saraf optik ini memiliki fungsi untuk meneruskan sebuah rangsang cahaya hingga ke otak. Semua informasi yang akan dibawa oleh saraf nantinya diproses di otak. Dan Dengan demikian kita bisa melihat suatu benda.

Demikian artikel tentang Bagian Organ Mata dan Fungsinya yang bisa kami buat dan jelaskan, semoga bermanfaat ya. Bagian Organ Mata dan Fungsinya

Penjelasan dari :

pengertian tokoh antagonis tokoh protagonis dan tokoh tritagonis, contoh partisipasi politik di lingkungan sekolah dan manfaatnya, 100 macam tumbuhan, alat indra, ciri khusus yang dimiliki bunglon yaitu melakukan, yel yel tentang sel hewan, https://kantinilmu com/sekolah/gambar-keyboard-komputer-yang-jelas/gambar keyboard komputer yang jelas/page/4/, yel yel vitamin c, bagaimana sejarah jika tupai bertemu dengan tikus, artine ekosistem bahasa jawa adalah
Bagian Organ Mata dan Fungsinya | pakguru | 4.5