Ciri Khusus Bunglon Dan Gambar Penjelas

bunglon 1

Dinegara kita Indonesia sangat banyak sekali spesies hewan dan bermacam-macam jenis dan bentuknya, spesies ini tersebar disegala penjuru bumi kita, apabila kita berbicara hewan kita tentunya tidak asing dengan spesies hewan yang bernama Bunglon bukan bunglon ini mempunyai Ciri khusus untuk mengelabui musuh dan Ciri khusus yang lainnya, maka dari itu kelasilmu.com akan membahas artikel tentang Ciri Khusus Bunglon sebelumnya mari kita simak pengertian dari hewan berikut ini.

Bunglon adalah jenis hewan reptil yang populer di masyarakat karena kemampuan mengubah warna kulitnya unruk mengelabui musuh.

bunglon 5
Bunglon adalah salah satu dari sekian banyak spesies jenis Chameleon. Ada lebih 100  hewan jenis chameleon. Reptil ini bisa merubah warna tubuhnya dengan bermacam variasi warna misalnya warna kombinasi pink, biru, merah, hijau, hitam, coklat, biru muda, kuning, biru kehijauan,ungu dan masih banyak lagi. Chameleon mempunyai lapisan kulit superfisial yang didalamnya berisi pigmen serta di bawahnya terdapat lapisan sel-sel dengan guanin kristal.

bunglon 3
Pigment unik yang ada di dalam lapisan kulit chameleon mengakibatkan adanya kemampuan untuk mengubah warna tubuhnya. Selama ini banyak orang yang mempercayai bahwa bunglon mengubah warna kulitnya untuk mengelabui serangan musuhnya dan menyesuaikan keadaan lingkungan sekitarnya. Ternyata ada alasan lain yang bunglon merubah warna kulit tubuhnya, Berikut penjelasannya :

# Yang pertama adalah efek Sinar Matahari
Saat bunglon terkena terik sinar matahari maka reptil ini akan mengubah warna kulit tubuhnya menjadi warna hijau karena untuk memaksimalkan refleksi sinar matahari yang diperolehnya.

bunglon 2
# Yang kedua adalah efek Suhu
Pada saat suhu dingin warna kulit bunglon akan berubah menjadi warna lebih gelap karena berfungsi untuk memaksimalkan penyerapan panas yang terjadi pada tubuhnya.

# Yang ketiga adalah Mood
Bunglon yang memiliki jenis kelamin jantan ketika akan berkelahi atau ditantang oleh bunglon lain warna kulitnya akan berubah warna menjadi merah kekuningan, dan pada saat bunglon jatuh cinta warna kulitnya juga bisa berubah karena untuk menarik perhatian lawan jenisnya.

bunglon 4
Reptil ini memang sangat terkenal karena mempunyai kemampuan unik untuk merubah warna kulit tubuhnya akan tetapi bunglon ini tidak mampu merubah warna kulitnya ke semua warna, hewan ini hanya dapat berubah warnanya ke warna-warna tertentu saja.

bunglon 6
Bunglon memiliki ciri khusus sama seperti jenis hewan yang lain misal seperti cicak, tokek, kelelawar dan lain-lain.

Itulah sedikit penjelasan tentang Ciri Khusus Bunglon mungkin bisa menjadi pemahaman dan pengetahuan pembaca, semoga bermanfaat dan semoga bisa menjadi referensi.

Terimakasih sudah membaca artikel saya dan jangan lewatkan artikel kelasilmu.com yang lainnya yaa.

Penjelasan dari :

artikel jenis jenis bunglon, perbedaan bunglon dan tokek, ciri khusus tumbuhan padi, Ciri khusus bunglon, ciri khusus bunglon dan gambarnya, gambar bunglon dan ciri khusus nya, gambar bunglon penjelasannya dan ciri khususnya, gambar bunglon beserta keterangannya, ciri khusus bunglon singkat, ciri khusus bunglon dan penjelasan nya
Ciri Khusus Bunglon Dan Gambar Penjelas | yusuf | 4.5