Definisi Monitor Komputer Beserta Fungsinya

Definisi Monitor Komputer Beserta Fungsinya – Definisi monitor komputer dan fungsinya, dan dilengkapi dengan cara kerja monitor secara singkat. Pengguna komputer pasti sudah mengetahui bagaimana bentuk monitor, perangkat ini adalah salah satu hardwere (perangkat keras) yang sangat penting bagi sebuah komputer. Karena dengan monitor pengguna komputer bisa mengetahui apa yang sedang dioperasikannya, serta bisa mengetahui juga hasil pemerosesan data-data yang diolahnya. Namun apakah kamu sudah tau apa itu definisi monitor, fungsinya, jenisnya, ataupun cara kerjanya? Maka tidak ada salahnya jika kita mengetahui lebih dalam mengenai monitor di penjelasan kali ini.

Definisi Monitor Komputer Beserta Fungsinya

A. Apa Itu Monitor Komputer?

Yang dimaksud monitor ialah suatu hardwere (perangkat keras) yang digunakan untuk output pengolahan data yang ditampilkan dalam bentuk grafis, monitor umumnya sering disebut juga sebagai layar komputer.

Layar pada monitor mempunyai berbagai macam ukuran dan resolusi untuk menampilkan grafis, beberapa diantaranya seperti pada ukuran 17-inci resolusinya 1024×768, 19-inci resolusinya 1280×1024, 21-inci resolusinya 1600×1200. Resolusi pada monitor dapat diartikan sebagai lebar pixel dan tinggi pixel pada layar monitor.

B. Jenis-Jenis Monitor dan Cara Kerjanya

Seiring berkembangnya teknologi yang semakin pesat, monitor mempunyai bermacam-macam jenis tentunya dengan cara kerja yang berbeda-beda untuk menampilkan grafis. Saat ini ada beberapa jenis monitor yang diantaranya:

a. Monitor CRT (Cathode Ray Tube)


Monitor CRT atau sering disebut juga dengan Monitor Tabung, yaitu monitor yang disusun dari tabung dan juga pancaran sinar katoda, saat ini monitor CRT semakin ditinggalkan oleh para pengguna komputer seiring bermunculan monitor jenis lain seperti monitor LCD, LED dsb. Pastinya monitor CRT harganya lebih murah daripada monitor LCD dan LED, dan monitor inipun bila terjadi kerusakan mudah di perbaiki, tapi untuk menggunakannya membutuhkan daya yang lumayan besar sekitar 300 watt. Monitor CRT bisa di kenali dengan bentuknya yang memanjang ke belakang. Ada dua macam jenis monitor CRT diantaranya layar cembung dan layar Flat/Datar.

Cara kerja monitor CRT adalah tampilan grafis yang ditampilkannya berasal dari pancaran sinar katoda dengan kecepatan tinggi yang terdapat pada tabung hampa udara. Lalu sinar katoda ini akan memantulkan layar yang berpendar ketika terkena cahaya, lalu tumbukan tersebut akan membentuk sebuah pola di layar.  Pantulan sinar katoda tersebut akan membentuk sebuah pola pada layar, sesuai dengan masukkan yang telah di konversi menjadi gelombang elektromagnetik.

b. Monitor LCD (Liquid Crystal Display)


Liquid Crystal Display atau lebih dikenal dengan sebutan LCD adalah monitor yang layarnya memakai teknologi kristal cair sebagai penghasil grafis pada monitor. Cahaya pada monitor LCD berasal dari lampu neon berwarna putih, yang tersusun dibelakang susunan pixel/kristal cair dengan jumlah sangat banyak, jadi nantinya akan membentuk tampilan. Kristal cair yang dilewati arus listrik akan terpolarisasi oleh medan magnetik, menjadikan warna-warna tertentu yang diteruskan sementara warna yang lainnya tersaring.

Banyak sekali kelebihan dari monitor LCD salah satunya seperti radiasi tidak tinggi sehingga mata tidak cepat lelah, konsumsi listrik yang lebih hemat, kualitas grafis yang di hasilkan lebih jernih dan jelas, dan bentuk monitor yang ramping. Kekurangannya misalnya seperti layar LCD sangat sensitif karena tersusun dari kristal cair, bila terjadi kerusakan susah di perbaiki atau harga service-nya cukup mahal, dan memunyai sudut pandang yang terbatas.

c. Monitor PDP (Plasma Display Panel)


Monitor PDP atau lebih dikenal dengan sebutan Monitor Plasma merupakan gabungan dari teknologi monitor CRT dan LCD. Sehingga monitor plasma,bisa menghasilkan layar yang setipis LCD dan sudut pandang selebar layar CRT. Pada plasma, layar datar dimana cahaya yang dihasilkan dari fosfor untuk menampilkan grafisnya, dan warna yang di hasilkan lebih baik. Monitor plasma memanfaatkan tegangan eksternal untuk pelepasan gas yang ada didalam panel untuk menghasilkan sinar ultraviolet, namun gas yang dilepaskannya tidak mengandung merkuri. Lalu sinar-sinar itupun akan memperoses warna red, green, dan blue, sehingga kualitas warna yang dihasilkan lebih baik. Seperti yang sudah disebutkan tadi bahwa monitor plasma menggunakan panel datar fosfor untuk menampilkan grafisnya.

Jadi bisa di ambil kesimpulan kelebihan monitor plasma adalah sudut pandang yang luas, bentuknya ramping, rasio kontras yang cukup tinggi, dan repoduksi warna yang baik. Sedangkan kelemahannya fosfor bisa kehilangan cahayanya seiring waktu sehingga kecerahan grafis bisa berkurang, dan konsumsi daya listrik cukup banyak.

d. Monitor LED (Light Emitting Diode)


Dapat di katakan Monitor LED ini adalah pengembangan dari monitor LCD. Warna yang di tampilkan pada LED mempunyai banyak peningkatan, dan mempunyai lebih banyak variasi warna daripada LCD. Perbedaan dengan LED dengan LCD biasanaya monitor LED lebih tipis ketimbang monitor LCD. LED memunyai banyak fitur daripada LED, contonya seperti LED dapat menjalankan teknologi toucscreen, Digital TV dan sebagainya. Perbedaan lainnya LED menggunakan pencahayaan teknologi LED backlight.

Layar LED memakai pancaran cahaya diode sebagai sumber cahayanya. LED memakai diode untuk membuat banyak sekali vibrant ataupun gambar dengan berbagai macam warna. Jadi warna hitam akan menjadi benar-benar hitam tidak abu-abu, dalam TV LED misalnya mempnyai kontras yang rasionya 500,000:1, dan juga dengan refresh rate yang sangat tinggi untuk membantu menonton acara-acara televisi yang penuh dengan banyak gerakan, misalnya seperti menonton acara sepak bola atau bermain video game. Bisa dikatakan monitor LED lebih baik daripada monitor LCD. Kelebihan LED diantaranya menghemat daya konsumsi listrik, tampilan display yang tajam/lebih baik, radiasi tidak tinggi dan mata tidak mudah lelah. Sedangkan kekurangannya bila mengalami kerusakan susah di perbaiki atau biaya service yang mahal.

C. Apakah Itu Teknologi Touchscreen?


Teknologi toucscreen saat ini sangat banyak sekali digunakan, touchscreen  bisa disebut layar sentuh. Layar sentuh akan menerjemahkan intruksi pengguna hanya dengan sentuhan pada permukaan layar yang menjadi posisi koordinat pada layar, lalu perintah/intruksi itu akan di eksekusi  sesuai dengan gambar/ikon (yang menjadi koordinat) yang di sentuh oleh pengguna yang ada pada tampilan layar. Teknologi toucscreen umumnya banyak digunakan pada layar LED, khususnya pada handphone dan komputer laptop.

D. Fungsi Monitor

Dari penjelasan sebelumnya maka dapat disimpulkan fungsi dari monitor adalah sebagai alat untuk output (keluaran) menampilkan hasil pemerosesan data-data berupa biner. Dan untuk menampilkan data-data berupa grafis, supaya pengguna mengetahui apa yang sedang dioperasikannya pada komputer.

Nahh itulah Definisi Monitor Komputer Beserta Fungsinya gimana sudah sedikit paham yaa apa itu Monitor, semoga bisa membantu anda yang sedang mencari tau pemahaman tentang Monitor, oh ya masih banyak lagi lho artikel menarik lainnya di sini conrtohnya seperti Pengertian Web Browser Beserta Contohnya.

Sampai disini dulu perjumpaan kita kali ini ya semoga apa yang admin bagikan bisa bermanfaat untuk kalian yang sedang mempelajari tentang Apa itu Monitor , sampai ketemu lagi di perjumpaan kita selanjutnya tentunya di artikel menarik lainnya ya, sampai jumpaa.

Definisi Monitor Komputer Beserta Fungsinya | pakguru | 4.5