Jenis-Jenis Buah dan Sayuran Yang Banyak Mengandung Vitamin A

Bagi kehidupan sehari-hari manusia butuh asupan makanan bergizi dan terkadang manusia mengabaikan itu semua maka tidak jarang apabila manusia jaman sekarang mudah terserang penyakit dikarenakan kurangnya asupan bergizi pada tubuh.

Vitamin A adalah salah satu dari kebanyakan vitamin yang sangat dipenting oleh tubuh kita. Karena Vitamin A berperan penting bagi kesehatan indera penglihatan dan daya tahan tubuh yang baik. Tubuh kita perlu vitamin A supaya tetap sehat dan tidak mudah terserang penyakit. Vitamin A ini adalah vitamin yang larut dalam lemak.

Vitamin A dapat ditemukan baik dalam makanan nabati maupun hewani. Vitamin A yang sering terdapat Pada makanan nabati, yaitu pada buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. Buah-buaha yang banyak mengandung vitamin A misalnya buah apel, buah pisang, pepaya, kesemek, serta strawberry. Dan vitamin A yang sering terdapat pada Sayuran misalnya tomat, wortel, kangkung,terong, labu kuning, semanggi, kacang panjang, dan rumput laut. Pada biji-bijian, vitamin A banyak terdapat pada kacang merah dan kacang ercis. Sedangkan makanan hewani yang mengandung vitamin A misalnya minyak ikan, susu, keju, hati, dan telur.

Berikut Buah-Buahan yang Mengandung Vitamin A

  1. Apel

vitamin a 2

Banyak vitamin yang terkandung pada buah Apel. Misalnya vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B9 dan vitamin C. Buah apel ini juga banyak mengandung mineral seperti kalsium, magnesium, potasium, zat besi, dan zinc. Selain vitamin dan mineral yang tercantum di atas, buah apel juga banyak mengandung serat, sehingga apel cocok bagi orang yang sedang diet. Serat yang terkandung pada buah apel mampu menunda rasa lapar datang lebih cepat. Serat berguna mengikat lemak dan kolesterol jahat di dalam tubuh sebelum akhirnya dibuang.

2. Pisang

vitamin a 3
Pisang adalah salah satu buah yang banyak mengandung vitamin A. Buah pisang sangat baik untuk kesehatan tubuh, dan buah ini juga sangat dianjurkan karena buah pisang ini memiliki banyak manfaat. Salah satunya yaitu mudah dicerna, sehingga pisang merupakan sumber tenaga yang cepat dan baik. Selain itu, pisang juga mampu membantu meringankan rasa capek setelah bekerja atau berolah raga. Jadi pisang ini sangat cocok bagi anda yang suka berolahraga dan pekerja berat untuk menambah stamina dan meringankan rasa capek yang dirasa setelah beraktifitas.

3. Pepaya

vitamin a 4
Pepaya mengandung beberapa vitamin, salah satunya yaitu vitamin A. Manfaat buah pepaya yaitu mampu mengeluarkan racun dari dalam tubuh dan meningkatkan kekebalan. Pohon pepaya juga termasuk pohon yang memiliki banyak manfaat. Selain buah dan daunnya, ternyata biji pepaya pun sangat baik untuk membantu menyembuhkan masalah pencernaan. Kandungan antiseptik yang terdapat pada buah pepaya mampu membantu menjaga sistem pencernaan dari bakteri jahat yang ada dalam pencernaan.

Sayuran yang Banyak Mengandung Vitamin A

Selain buah-buahan ada juga sayuran yang juga banyak mengandung vitamin A. Dan perlu anda ketahui Sayuran yang mengandung vitamin A sebaiknya tidak dimasak terlalu lama karena apabila dimasak lebih lama kandungan vitamin A-nya akan hilang. Sayuran yang banyak mengandung vitamin A misalnya sebagai berikut :

  1. Tomat

vitamin a 5
Tomat adalah buah yang “aneh”. Karena Orang banyak yang lebih suka menyebut tomat sebagai “sayuran” daripada sebagai “buah”. Apapun, tomat adalah salah satu buah yang banyak mengandung vitamin A dan juga vitamin C. Kandungan vitamin A yang terdapat pada buah Tomat mencapai 1600 IU, sehingga tomat sangat baik untuk kesehatan mata. Sedangkan kandungan vitamin C dalam tomat dapat mencapai 35 mg. Pada Tomat yang berukuran sedang, sedikitnya mengandung 30 kalori di dalamnya. Tomat juga sangat baik untuk kesehatan gusi dan mempercepat penyembuhan luka.

2. Wortel

vitamin a 6
Sayuran yang selanjutnya ada Wortel, Wortel sudah lama terkenal sebagai sayuran yang banyak mengandung vitamin A. Karena Wortel sangat baik bagi kesehatan indera penglihatan. Selain itu, wortel juga mampu mengatasi hipertensi dan mengurangi nyeri saat menstruasi. Wortel juga bisa untuk menghaluskan kulit wajah karena wortel ternyata bisa dipakai untuk masker wajah.

3. Bayam

Young spinach leaves in isolated white background

Young spinach leaves in isolated white background

Bayam adalah sumber vitamin A yang tidak kalah baiknya dengan sayuran lain. Bayam ini mengandung beta karoten yang hampir setara dengan wortel. Selain itu, bayam juga banyak mengandung zat besi yang tinggi. Bayam yang sudah berwarna tua sangat baik bagi kesehatan mata. Manfaat yang terdapat pada bayam lainnya yaitu melawan infeksi yang menyerang tubuh, memicu pertumbuhan, sebagai antioksidan, dan bermanfaat bagi ibu hamil dan menyusui. Bagi anda yang sedang bermasalah dengan ginjal bisa mengkonsumsi bayam dengan cara direbus.

4. Labu Kuning

vitamin a 8

Labu kuning juga banyak mengandung vitamin A dan baik bagi kesehatan pencernaan. Labu kuning banyak kita jumpai saat bulan Ramadhan dan banyak dimanfaatkan untuk berbuka puasa.

5. Cabe Merah

vitamin a 9
Ini cukup mengagetkan. Cabe merah juga ternyata banyak mengandung vitamin A. Selama ini cabe merah hanya banyak dikenal sebagai rasanya yang pedas, sebagai bumbu dapur dan untuk menghangatkan tubuh, tetapi ternyata didalam cabe merah ini juga ada kandungan vitamin A lo.

Makanan lain yang mengandung vitamin A

Selain buah-buahan dan sayuran, makanan lain yang mengandung banyak vitamin A adalah jenis makanan hewani seperti minyak ikan, susu, keju, telur, dan yogurt. Yang perlu diperhatikan, kita sebaiknya menkonsumsi makanan ini secara proporsional. Sebab, mengkonsumsi secara berlebihan hanya akan mengganggu kesehatan dan bahkan menimbulkan penyakit.

Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A tentu baik untuk meningkatkan kesehatan dan daya tahan tubuh. Namun, vitamin A sebaiknya dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan.  Mengkonsumsi vitamin A yang berlebihan malahan kontraproduktif bagi kesehatan itu sendiri. Misalnya kulit jadi kering dan tidak sehat, bahkan mual dan muntah-muntah.

Itulah sekilas penjelasan artikel tentang Jenis-Jenis Buah dan Sayuran Yang Banyak Mengandung Vitamin A , mungkin bisa menjadi referensi dan sedikit pengetahuan bagi pembaca dan bisa bermanfaat.

Terimakasih telah membaca artikel saya dan jangan lupa baca juga artikel kelasilmu.com yang lain yaa.

Penjelasan dari :

contoh sketsa gambar surealisme mudah, manusia purba jawa diperkirakan muncul bersamaan dengan zaman geologi, sayuran yang mengandung vitamin a, sayuran bervitamin a, buah yang mengandung vitamin a, sayuran bervitamin a tts, sayuran vitamin A, buah dan sayur yang mengandung vitamin A, Sering ditemukan pada buah dan sayur Bermanfaat baik untuk kesehatan pencernaan, Buah vitamin A
Jenis-Jenis Buah dan Sayuran Yang Banyak Mengandung Vitamin A | yusuf | 4.5