Macam-macam Bunga yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

bunga 7

Setiap manusia pasti suka dengan indahnya Bunga dan bahkan bagi kebanyakan rumah ada yang menanamnya disekitar rumah untuk dijadiakan hiasan dan ternyata bunga ini tidak hanya berfungsi untuk hiasan saja lo, ada beberapa bunga yang berfungsi untuk kesehatan tubuh manusia nah kali ini kelasilmu.com akan membahas artikel tentang Macam-macam Bunga yang Bermanfaat Bagi Kesehatan.

Macam-Macam Bunga yang Bermanfaat Bagi Kesehatan :

  1. Bunga Kenanga

kenanga

  1. Yang pertama adalah bunga Kenanga (cananga odorata), kenanga yaitu nama bagian sejenis bunga dan pohon yang menghasilkannya.Tanaman ini sering kita temui atau sering di tanaman di lingkungan sekitar rumah. Bunga kenanga yang sering di tanam di sekitar rumah ini adalah jenis kenanga perdu (cananga odorata fruticosa). Kenanga ini adalah tumbuhan asli indonesia .Khususnya di indonesia, bunga kenanga sangat sering menjadi peran penting di dalam upacara-upacara khusus misalnya upacara perkawinan, kematian dan upacara-upacara yang lainnya.
    Kenanga adalah flora yang berasal dari aceh dan provinsi sumatera utara. Di aceh bunga kenanga sering di kenal dengan nama Bungong seulanga. sering disebut Bungong karena bunga kenanga ini memiliki bau yang khas dan terkenal dengan keharumannya, bahkan Di aceh bunga ini menjadi bunga favorit  rakyat, karena bunga ini sangat terkenal diaceh sana sehingga flora yang satu ini menjadi identitas aceh.Manfaat Bunga Kenanga1. bunga kenanga ini mampu mengobati berbagai penyakit karena mengandung sejumlah komponen kimia penting yang terkandung didalamnya. komponennya yaitu, flavonoida, saponin, polifenol, dan minyak atsiri. Kandungan yang paliing penting adalah minyak atsirinya yang mempunyai bau sangat khas ini mengandung beberapa komponen penting yang juga berfungsi sebagai insektisida alami. Beberapa komponen tersebut antara lain eugenol, linalool, dan geraniol. Insektisida yaitu bahan kimia yang berfungsi sebagai pemberantas hama serangga. Berdasarkan tingkat ketahanan serangganya, insektisida dibedakan menjadi tiga jenis. Yaitu, imagosida ditujukan untuk membunuh serangga dewasa, larvasida ditujukan untuk membunuh larva serangga, dan ovosida ditujukan untuk membunuh telur serangga.Hal yang paling penting adalah menjaga mutu minyak atsiri yang dihasilkan, agar khasiatnya pun nantinya tetap terjaga dengan baik.2. Bunga kenanga ini juga Diaplikasikan sebagai spray obat antinyamuk. Hal ini terjadi karena dari hasil penelitian yang telah dilakukan dengan mengoleskan ekstrak bunga kenanga pada tubuh marmut. Kandungan minyak atsiri yang terkandung dalam ekstrak bunga kenanga tersebut lalu meresap ke pori-pori marmut. Selanjutnya, karena adanya campuran antara keringat marmut dan minyak atsiri ini akan menguap ke udara dan menimbulkan bau. Dan Bau inilah yang akan terdeteksi oleh reseptor kimia yang terdapat pada tubuh nyamuk dan diteruskan ke pusat impuls saraf. Hal inilah yang kemudian direspon otak nyamuk agar menghindari tubuh marmut. Walaupun sampai sekarang harga obat antinyamuk ekstrak bunga kenanga masih mahal, namun tidak menimbulkan efek samping seperti kebanyakan obat antinyamuk lainnya.

Khasiat Bunga Kenanga Untuk Kesehatan :

  • Mampu menyembuhkan rematik dan encok
  • Berkhasiat untuk mengobati demam nifas
  • Berkhasiat untuk mengobati penyakit kulit
  • Berkhasiat untuk mengobati sakit kepala
  • Berkhasiat untuk mengobati malaria
  • Berkhasiat untuk mencegah dan mengobati bau badan serta  keputihan
  • Berkhasiat untuk mencegh dan mengobati hepatiti
  • Berkhasiat untuk mengobati radang saluran kencing

Khasiat Bunga Kenanga Untuk Kecantikan :

  1. Bunga kenanga di gunakan untuk Perawatan Tubuh
    Bunga kenanga atau ekstra dari minyak  bunga kenanga juga banyak di gunakan untuk lulur. selain di pake oleh tubuh ekstra bunga kenanga juga bisa di gunakan sebagai masker pada wajah untuk memperhalus kulit wajah.
  2. Bunga kenanga di gunakan sebagai parfum
    Kandungan Minyak yang terdapat pada bunga kenanga yaitu minyak atsiri juga dapat di gunakan sebagai bahan dari parfum.
  3. Bunga kenanga dapat di gunakan sebagai perawatan rambut
    Bunga kenanga yang di campur bersama dengan daun mangkokan,minyak kelapa, dan daun pandan kemudian di rebus. Ekstra dari rebusan ini sering di gunakan untuk keramas untuk merawat rambut menjadi subur,indah, dan tetap terjaga kehitaman warna rambut.
  4. Bunga kenanga dapat di  gunakan sebagai sabun kecantikan
    Ekstrak bunga kenanga yang sering di jadikan sebagai bahan pembuatan sabun ini ternyata mampu di gunakan sebagai penyeimbang dalam penetralan kulit yang kering atau kulit berminyak.

2. Bunga Mawar

bunga_mawar_merah
Mawar yaitu tanaman semak dari genus Rosa. Mawar liar yang terdiri lebih dari 100 spesies banyak tumbuh di belahan bumi utara yang memiliki udara sejuk. Spesies mawar ini umumnya adalah bagian dari tanaman semak berduri atau tanaman memanjat yang tingginya bisa mencapai 2 sampai 5 meter. Walaupun jarang ditemui, tinggi tanaman mawar ketika merambat di tempat yang tidak sering kita jumpai bisa mencapai 20 meter.

Manfaat Bunga Mawar

1. Mencegah kulit kerut. Kandungan polifenol yang terdapat pada Mawar mampu melembapkan kulit, sebagai serum, dan minyak tubuh sehingga bisa mencegah kerutan pada kulit.

2. Meningkatkan kolagen. Kandungan vitamin C dalam bunga mawar mampu meningkatkan kolagen dalam tubuh.

3. Menyembuhkan penyakit seperti batuk, perih akibat gigitan serangga, bengkak pada tubuh, serangan campak, melancarkan siklus menstruasi, luka memar, nyeri haid, kram betis, hingga rahim turun.

4. Menjaga kesehatan rambut. Kandungan yang terdapat pada bunga mawar mampu membantu mengatasi kerusakan rambut juga menangkal berbagai masalah rambut sehingga rambut bisa tetap sehat dan terjaga kesehatannya.

5. Mengurangi stress. Aroma harum dan zat yang terkandung dalam bunga mawar mampu mengurangi stress pada manusia. Bahkan pengobatan ini sudah sering dijalankan oleh masyarakat Romawi kuno dan Yunani kuno, mawar dijadikan pereda rasa cemas dan obat depresi.

6. Menjaga kesehatan organ tubuh seperti bisa menyehatkan mata dan membersihkan gigi.

7. Mengurangi sakit kepala. Dengan kandungan zat yang menenangkan dan memberikan efek terapi. Mawar cantik mampu mengurangi rasa sakit kepala yang menyerang.

8. Mengatasi masalah pencernaan. Pengobatan ini telah populer pada kalangan masyarakat India kuno. Mawar dianggap mampu menyembuhkan masalah pencernaan dan menjaga metabolisme tubuh.

9. Mempercantik kulit. Kandungan asam lemak omega-3 dan omega-6 bermanfaat untuk memperbaiki kerusakan kulit.

10. Penyembuhan kulit. Jika terkena efek kemerahan pada kulit karena pembesaran pembuluh kapiler, iritasi, ataupun luka bakar, bunga mawar bisa untuk menyembuhkannya

Khasiat Bunga Mawar :

  • Berkhasiat untuk mengobati campak.
  • Berkhasiat untuk mengobati batuk darah.
  • Berkhasiat untuk melancarkan haid yang tidak teratur.
  • Berkhasiat untuk mencegah dan mengobati keputihan.
  • Berkhasiat untuk menyembuhkan penurunan bagian uterus pasca melahirkan.
  • Berkhasiat untuk menjaga kecantikan kulit tubuh.
  • Berkhasiat untuk mengatasi bengkak pada kaki.

3.  Bunga Melati

bunga melati
Bunga Melati (Jasminum officinale) adalah tumbuhan semak berbunga yang sangat terkenal luas karena keindahannya serta aromanya yang mempesona. Selama ini, banyak orang mengenal bunga melati hanya untuk tanaman hias, kosmetika dan bahan campuran pembuat parfum atau teh.

Manfaat Bunga Melati :

  1. Sejak zaman sejarah kuno, teh dan minyak melati terkenal sebagai afrodisiak alami yang sangat kuat, sehingga obat herbal ini direkomendasikan untuk meningkatkan libido, kekuatan seksual, merangsang dorongan seksual dan bahkan mungkin mengobati infertilitas baik pada pria dan wanita.
  2. Melati sangat efektif dalam mengatasi nyeri otot, sendi dan sakit kepala
  3. Menambahkan minyak melati ke dalam campuran minyak esensial mampu mengobati gejala umum dari infeksi pernapasan.
  4. Teh melati jugs dikenal sebagai tonik alami yang berfungsi merangsang semua fungsi sistem tubuh utama dan organ.
  5. Melati memiliki sifat antiseptik yang dapat direkomendasikan untuk mengobati segala macam infeksi kulit
  6. Melati juga berfungsi sebagai obat alami yang dapat digunakan untuk merangsang dan meningkatkan fungsi dari sistem pencernaan.
  7. Riset menunjukkan bahwa melati bisa menjadi alat detoksifikasi yang aman digunakan oleh hampir semua orang untuk menghilangkan racun dan membersihkan tubuh.
  8. Teh dan ekstrak melati mampu membantu dalam menurunkan berat badan lebih efektif.
  9. Dalam aromaterapi, minyak bunga melati dapat sangat efektif untuk mengobati ketegangan saraf, apatis, kecemasan, dan gangguan saraf yang lebih serius.
  10. Dapat dimanfaatkan untuk memerangi depresi dan efek negatif lain dari stres

Khasiat Bunga Melati :

Berfungsi Menghentikan ASI yang keluar berlebihan
Bahan: 1 genggam daun melati
Cara membuat: bahan tersebut dipipis halus
Cara menggunakan: ditempel di seputar buah dada, setiap pagi sebelum mandi.

Menyembuhkan Sakit mata (mata merah atau belekan)
Bahan: 1 genggam daun melati
Cara membuat: bahan tersebut dipipis halus
Cara menggunakan: ditempel pada dahi, apabila sudah kering diganti baru, ulangi sampai sembuh.

Kulit Bengkak akibat serangan daun lebah
Bahan: 1 genggam bunga melati
Cara membuat: bahan tersebut diremas-remas sampai halus
Cara menggunakan: ditempel pada bagian yang disengat lebah.

Menyembuhkan Demam dan sakit kepala
Bahan: 1 genggam daun melati, 10 bunga melati.
Cara membuat: bahan tersebut diremas-remas dengan tangan, kemudian direndam dengan air dalam rantang.
Cara menggunakan: air rendaman ini digunakan untuk kompres dahi.

Menyembuhkan Sesak napas
Bahan: 20 lembar daun melati dan garam secukupnya
Cara membuat: bahan tersebut direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas dan disaring.
Cara menggunakan: ditempel di seputar buah dada, setiap pagi sebelum mandi.

Meringankan Radang Usus
Ambil satu genggam daun melati poncosuda (nama lain melati hutan atau melati gambir), rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas, saring, minum 2 kali sehari.

Meringankan Radang Ginjal,  Ambil 15 gram daun kering melati poncosuda, rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Minum 2 kali sehari sampai air kencing yang keruh menjadi normal.

4.  Bunga Lily

bunga lili
Bunga yang mempunyai nama latin Lilium Candidum L ini ternyata banyak mengandung beberapa zat kimia penting, seperti flavonoid yang mengandung antioksidan, anti kanker, dan membantu meremajakan kulit, karotenoid berfungsi antioksidan dan juga sapion berfungsi sebagai salah satu zat penghambat pertumbuhan kanker.
Efek farmakologis yang terkandung dalam tumbuhan ini adalah sebagai obat batuk (antitusif) dan penenang (sedatif). Beberapa penyakit yang bisa diatasi bunga lily adalah batuk, bengkak dan bisul, amandel, radang saluran nafas, radang paru-paru, asma, sakit lambung, diare kronis, sakit perut setelah melahirkan, jerawat.

Manfaat Bunga Lily :

  • Bisa membantu menyembuhkan dan menghilangkan bekas luka pada kulit, misalnya luka bakar, luka akibat jatuh. Dan kelebihannya, Bunga Lily juga dapat menyembuhkan luka tanpa bekas. Kulit Anda akan kembali mulus seperti semula.
  • Polisakarida juga terkandung di dalam bunga ini termasuk dalam kelompok hidrokoloid, yang fungsinya membantu meningkatkan viskositas dan kestabilan kelembaban air yang ada di kulit. Di dalam kulit, polisakarida ini menahan kadar air yang ada agar tetap berada dalam jumlah yang seimbang.
  • Ekstrak bunga Lily dapat membantu menjaga kelembaban kulit, memberikan perawatan spesial bagi kulit kering, kulit iritasi dan kulit sensitif.
  • Saponin pada umumnya terdapat pada umbi-umbian dan biji-bijian. Saponin berfungsi untuk menghambat pertumbuhan kanker dan membantu mengatur kadar kolesterol. Saponin ini juga terkandung di dalam Lily, itulah sebabnya beberapa produk kosmetik ada yang memanfaatkan bunga Lily untuk mencegah berkembangnya sel kanker di kulit (apalagi jika kulit terlalu sering terkena sorotan sinar matahari secara langsung).

KHASIAT BUNGA LILY :

1. Berfungsi untuk Menghilangkan bekas luka. Bunga Lily ternyata juga bisa menyembuhkan dan menghilangkan bekas luka di kulit, misalnya luka bakar, luka akibat terjatuh. Kelebihannya, Lily menyembuhkan luka tanpa bekas. Kulit Anda akan kembali mulus seperti semula.

2. Mencegah kanker. Bunga Lily mengandung banyak Saponin yang berfungsi untuk menghambat pertumbuhan kanker dan membantu mengatur kadar kolesterol. Karena itu beberapa kosmetik yang terbuat dari bunga Lily mengklaim bisa mencegah terjadinya kanker kulit.

3. Berfungsi sebagai Pelembab kulit. Ekstrak bunga Lily bisa digunakan untuk pelembab kulit yang alami. Ekstrak bunga Lily sangat bermanfaat untuk memberikan perawatan spesial pada kulit kering, kulit iritasi dan kulit sensitif.

4. Berfungsi Menyeimbangkan kadar air dalam kulit. Dengan bunga Lily, kulit Anda akan terasa lembab tapi tetap terasa kesat atau tidak lengket. Karena bunga Lily mengandung Polisakarida yang bisa membantu meningkatkan viskositas dan kestabilan kelembaban air yang ada di kulit. Polisakarida ini menahan kadar air yang ada agar tetap berada dalam jumlah yang seimbang.

5. Plumeria sp adalah sebutan nama latin untuk bunga kamboja, diabadikan dari nama seorang botani asal Prancis bernama Charles Plumier (1646-1706) sebagai orang pertama yang menemukan tanaman ini ketika melakukan perjalanan ke dunia baru (Amerika) pada abad ke-16. Untuk mengingat sang penemu, nama belakang Charles Plumier diabadikan menjadi nama latin bunga ini

5. Bunga Kamboja

bunga 5
Manfaat dari bagian-bagian bunga kamboja

BATANG : mengandung getah putih yang mengandung damar, kautscuk, senyawa sejenis karet, senyawa triterpenoid amytin dan lupeol. Khusus pada kulit batang berkhasiat untuk menumpas rasa sakit karena bengkak dan dan pecah-pecah pada telapak kaki. Banyak Mengandung senyawa plumeirid, yaitu senyawa glikosida yang bersifat racun. Karena bersifat racun dan bisa mematikan kuman. Getah kamboja dengan dosis yang seimbang berguna untuk obat sakit gigi atau obat luka, dan berkhasiat pula bagi penderita frambusia. Namun getah ini tidak boleh kena mata karena bisa mengakibatkan kebutaan.

BUNGA : untuk mencegah rematik atau asam urat (digunakan sebagai teh), meredakan demam, menghentikan batuk, melancarkan keluar air seni, menghentikan mencret karena disentri, mencegah pingsan karena hawa panas dan menyembuhkan sembelit (jika dikonsumsi dalam jumlah banyak). Oleh sebab itu wangi bunga kamboja dapat digunakan sebagai bahan campuran sabun, obat nyamuk, dan minyak wangi.

GETAH : Cukup banyak mengandung sejenis antiseptik yang dapat menyembuhkan gatal-gatal di sela-sela jari kaki karena kuman air dan sejenisnya, seperti tumit pecah-pecah ataupun luka-luka kecil ditangan dan kaki, tetapi untuk kulit lunak dari bagian tubuh kita tidak dianjurkan menggunakan getah plumeria ini, karena bisa mengakibatkan iritasi ataupun luka yang lebih serius, bahkan bisa menimbulkan kebutaan jika terkena mata.

Khasiat Bunga kamboja

1. Antibiotik dan Mengobati Sakit Gigi

Getah kamboja mengandung alkaloid, tanin, flavonoid dan triterpenoid yang sangat bermanfaat untuk antibiotik alami, tentunya dengan dosis yang tepat. Tanaman kamboja juga dikenal sangat ampuh untuk mengobati sakit gigi berlubang. Caranya yakni dengan mengambil beberapa tetes getah kamboja dengan menggunakan kapas, kemudian letakkanlah kapas tersebut pada gigi yang sakit. Dosisnya cukup 1-2 kali saja perhari.Meski demikian, perlu diperhatikan bahwa pengobatan dengan getah tersebut sifatnya hanya sementara dan tidak bisa difungsikan untuk menuntaskan rasa sakit gigi tersebut.

2. Teh Bunga Kamboja

Bunga kamboja juga dapat diminum dengan c bunga kamboja yang dikonsumsi dengan cara menyeduhnya dengan teh sangat berkhasiat untuk memberikan efek sejuk untuk pencernaan Anda. Makanya sebaiknya Anda meminum teh bunga kamboja ini secara rutin untuk merasakan khasiatnya secara nyata.

3. Mengobati Bisul

Cara pemakaian untuk mengobati bisul ialah dengan cara memanaskan daun kamboja di atas api sampai layu, kemudian olesi dengan minyak zaitun. Lalu, daun tersebut ditempelkan pada bisul dalam keadaan masih panas.

4. Mengobati Kaki Bengkak

Akar dan batang kamboja juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati kaki bengkak dan tumit yang pecah-pecah. Caranya dengan merebus akar dan daunnya sampai mendidih kemudian tambahkan garam mineral. Lalu gunakan air rebusan daun, akar, dan garam tersebut untuk merendam kaki yang bengkak dua kali sehari.

5. Gonorrhoea dan Borok

Ada yang meyakini bahwa dengan meminum rebusan akar kamboja, penderita penyakit menular seksual (PMS) kencing nanah atau gonorrhoea dapat dibantu mengatasinya. Oleskan getah kamboja pada borok yang sudah dicuci dengan air hangat.

6. Sebagai Makanan dan Minuman

Jangan terkejut jika bunga kamboja juga bisa dimakan, dan dibuat teh. Untuk tujuan konsumsi, sangat dianjurkan memilih yang organik, yaitu kamboja yang ditanam dan dirawat tanpa menggunakan bahan kimia. Persiapannya mudah saja, ambil beberapa bunga, lalu cuci bersih menggunakan air dingin. Keringkan dengan kertas pengering. Selanjutnya bunga itu dapat langsung dicampurkan dengan sayur selada untuk salad. Kelopak bunga kamboja yang segar dapat juga ditaburkan di atas nasi putih atau merah untuk menambah aroma dan keindahan sajian. Bisa juga digoreng dengan tepung untuk camilan, seperti tempura khas Jepang.

Itulah penjelasan tentang Macam-macam Bunga yang Bermanfaat Bagi Kesehatan semoga bisa bermanfaat bagi pembaca dan menjadi pengetahuan bagi kita semua.

Terimakasih telah membaca artikel kelasilmu.com dan jangan lewatkan artikel kelasilmu.com yang lainnya ya.

Penjelasan dari :

contoh globalisasi pendidikan, bela negara dengan pendekatan militer dilakukan untuk menghadapi bahaya, binatang tidak bertulang hidup di air dan suka dipakai untuk peribahasa, bocoran untuk menambah saldo paypal, Pengaruh globalisasi pada bidang politik yang paling menonjol antara lain, bela negara dengan pendekatan militer dilakukan untuk menghadapi ancaman, lukisan kubisme mudah, pengaruh globalisasi pada arus keuangan, sikap negatif terhadap dampak globalisasi di berbagai bidang kehidupan, judul tema perpisahan
Macam-macam Bunga yang Bermanfaat Bagi Kesehatan | yusuf | 4.5