Macam-macam Hewan Tak Bertulang Belakang

Macam-macam hewan tak bertulang belakang (Avertebrata) Dunia hewan, berdasarkan ada tidaknya tulang belakang dibagi menjadi dua macam yaitu hewan bertulang belakang (vertebrata) dan hewan tak bertulang belakang (Avertebrata). jenis hewan avertebrata mempunyai ciri-ciri tidak bertulang belakang, susunan syaraf terletak di bagian ventral (perut) di bagian bawah saluran pencernaan, umumnya memiliki rangka luar (eksoskeleton) dan otak tidak terlindungi oleh tengkorak,

gambar hewan

Dan kali ini saya akan mengulas artikel tentang Macam-Macam Hewan Tak Bertulang Belakang

Inilah kelompok hewan yang termasuk avertebrata :

  1. Hewan Bersel Satu (Protozoa)

gambar protozoa

Ciri hewan ini adalah tubuhnya mempunyai satu sel tunggal saja hewan ini mempunyai tekstur tubuh yang sangat kecil dan biasanya hewan ini hanya untuk makanan hewan lainnya,

Contohnya adalah Amuba,Para maecium, Euglena

  1. Hewan Berpori (Porifera)

gambar spons

Ciri hewan ini adalah tubuhnya mempunyai banyak sel, tetapi belum mempunyai syaraf dan otot. Pori halus dalam tubuhnya merupakan jalan masuk air. Di dalam merupakan sel-sel cambuk. Sel tersubut tersebut berguna untuk menyerap makanan yang larut bersama air yang melewatinya. Hewan ini sering disebut hewan spon.

Contohnya adalah Ascetta

  1. Hewan Berongga (Coelenterata)

gambar hidra

Ciri hewan ini adalah tubuhnya berongga . mereka mempunyai alat berupa sel-sel dengan rambut yang mengandung racun yang dapat ditusukan kedalam tubuh mangsanya. hewan ini juga dapat membunuh mangsanya dengan cepat dan sering dijumpai di dasar lautan.

Contoh hewan Coelenterata adalah Hidra

  1. Hewan cacing (Vermes)

gambar cacing

Ciri hewan ini adalah bentuk tubuhnya ada yang menyerupai pita (pipih) dan bulat panjang (giling). biasa kita temukan di bantaran sungai dan juga di laut yang tidak begitu dalam, hewan ini akan menunjukan keberadaannya apabila dia sudah merasa terganggu dengan mahluk lain.

Contohnya adalah Cacing hati, Cacing getar, Cacing tanah dan masih banyak lagi.

  1. Hewan Berbuku-buku (Arthropeda)

gambar arthropoda

Ciri hewan ini adalah kakinya tersusun dari batang yang bersendi.

Hewan Arthropeda ini dibagi menjadi tiga jenis yaitu:

  • Serangga (insecta)

Badan serangga terdiri dari 3 bagian yaitu memiliki tiga pasang kaki, memiliki tiga ruas dada dan biasanya memiliki dua sayap. Serangga adalah jenis hewan Arthropeda yang paling banyak jenisnya.

Contoh dari hewan berbuku-buku yaitu nyamuk, lalat, capung, dan masih banyak lagi.

  • Udang (Crustaceae)
  • Laba-laba (Arachnoida)

Ciri-Ciri dari hewan Laba-Laba yaitu Badannya terbagi menjadi 2 bagian. Kakinya 4 pasang. Laba-laba tidak bersayap dan bagian yang dapat terbuka dan tertutupbadannya menjadi satu sengan kepala.

Contoh hewan Arachnoida Laba-laba dan Caplak Anjing.

  1. Hewan Lunak (Mollusca).

gambar molusca-2-638

Ciri hewan lunak adalah tubuhnya tidak berbuku-buku/ lunak dan kaya kelenjar lendir.

Ada tiga golongan hewan lunak. Kerang, Ikan Cumi-cumi, dan Siput.

  • Kerang (Lamilibranchiata).

Tubuh kerang terdiri dari kaki ditengah-tengah dengan sepasang insang berbentuk lempeng dikanan kirinya.

Tubuh kerang dilindungi oleh rumah yang terdiri atas dua bagian yang dapat terbuka dan tertutup. Pada kulit kerang terdapat lapisan mutiara.

  • Ikan Cumi-cumi (Caphalopoda).

Ikan cumi-cumi mengeluarkan cairan berwarna hitam untuk melindungi dirinya

  • Siput (Gastropoda).

Siput adalah hewan yang bertekstur sangat lunak dan sering kita jumpai di tempat-tempat yang lembab, seperti di pohon pisang , pohon lumbu, dan lain sebagainya, perlu kita ketahui hewan yang satu ini mempunyai manfaat yang besar yaitu lendir yang dikeluarkan diselaputnya itu mempunyai kandungan yang bisa digunakan untuk perawatan wajah.

7.  Hewan Berkulit Duri (Echinodermata)

gambar-echinodermata-1-638

Ciri hewan ini berkulit kasar. Duri-duri dan zat kapur banyak terdapat pada kulitnya. hewan ini biasa kita temukan di dasar laut, dan mereka akan menyembunyikan dirinya dari musuh dengan masuk ke dalam permukaan pasir sehingga tubuhnya ridak akan terlihat oleh musuh.

Contoh hewan berkulit duri yaitu: Bintang laut, (Echinoidea), Lilia laut (Crinoidea), Tripang (Holothuroidea).

Itulah Macam-macam hewan tak bertulang belakang, Terimakasih telah membaca artikel saya dan Semoga bermanfaat. 🙂

Penjelasan dari :

hewan air tidak bertulang, contoh hewan avertebrata, hewan air tak bertulang, latar belakang HAM dibidang ekonomi, hewan tidak bertulang belakang, hewan yang tidak bertulang belakang, hewan tak bertulang belakang, klasifikasi monyet, contoh hewan tidak bertulang belakang, hewan bertulang belakang
Macam-macam Hewan Tak Bertulang Belakang | yusuf | 4.5