Memahami Pengertian Storyboard Beserta Fungsinya

Memahami Pengertian Storyboard Beserta Fungsinya – Memahami Pengertian Storyboard Beserta Fungsinya dilengkapi dengan contohnya. Apa kamu mengetahui apa itu storyboard? Mungkin jika kamu seorang yang sering kali berkecimpung di dunia desain grafis sudah tidak asing lagi dengan istilah yang satu ini. Karena storyboard berhubungan dengan gambar menggambar, misalnya seperti sketsa gambar kejadian-kejadian pada cerita sebuah film atau video pendek.  Tentunya dalam pembuatan film storyboard sangat penting loh…, terutama film animasi ataupun dalam video pendek. Bila kamu ingin memahami mengenai “apa itu storyboard” maka kami sajikan penjelasannya di tulisan ini secara singkat.

Memahami Pengertian Storyboard Beserta Fungsinya

Memahami Pengertian Storyboard Beserta Fungsinya

A. Apakah Definisi Storyboard?

Storyboard yaitu suatu sketsa gambar yang disusun secara berurutan sesuai naskah cerita. Dengan storyboard pembuat cerita bisa menyampaikan ide cerita secara lebih mudah kepada orang lain, karena dengan storyboard sebuah pembuatan cerita bisa memaparkan seseorang membayangan suatu cerita mengikuti gambar-gambar yang sudah tersaji, jadi bisa menghasilkan persepsi yang sama dengan ide cerita yang di buat. Storyboard juga bisa di artikan sebagai naskah yang di sajikan dalam bentuk sketsa gambar yang berurutan, berguna untuk memudahkan pembuatan alur cerita ataupun pengambilan gambar.

Sejarah singkatnya, pada tahun 1933 untuk pertama kalinya seorang animator yang bernama Webb Smith membuat storyboard. Ide ini berasal dari gambar-gambar yang terpisah yang disusun di papan buletin untuk membuat suatu alur cerita.

Alasan-alasan penggunan soryboard misalnya:

  1. Bisa memudahkan sebelum pembuatan suatu film, animasi, video pendek, dll.
  2. Digunakan untuk mengingatkan animator menganai alur cerita.
  3. Berfungsi supaya memudahkan pembaca dalam memahami alur cerita.

B. Apakah Fungsi Storyboard?

Fungsi umum dari storyboard adalah sebagai suatu konsep dan ungkapan yang kreatif dalam menyampaikan ide atau gagasan. Pada storyboard juga seseorang bisa menambahkan arahan-arahan seperti arahan audio, letak, atau arahan informasi lainnya. Beberapa fungsinya lainnya seperti:

  1. Dalam pembuatan suatu film misalnya story board berguna untuk Menggambarkan alur cerita berdasarkan garis besarnya saja dari bagian awal, tengah, dan akhir
  2. Lalu berguna untuk membuat perencanaan pada film.
  3. dan secara keseluruhan bisa memudahkan dalam membuat dan memahami alur sebuah film. Saat ini storyboard juga berfungsi dalam pembuatan suatu game, misalnya membuat sketsa alur game tersebut dari awal hingga selesai/tamat.

C. Langkah-langkah atau Cara Membuat Storyboard

Adapun langkah-langkah dalam membuat Storyboard, misalnya seperti:

  • Catat hal-hal yang di anggap penting yang di dapat dari ide, maupun dari kosep yang akan dibuatkan storyboardnya.
  • Pilihlah media yang cocok untuk membuat storyboard.
  • Membuat daftar kronologi pada cerita yang akan dibuatkan storyboardnya.
  • Tentukan jalan ceritanya.
  • Membuat semua sketsa bagi seluruh frame yang akan di buat. Dan Berikan informasi/deskripsi yang dianggap penting.

Dalam membuat sketsa gambar kamu dapat menggunakan media kertas dan di gambar secara manual, atau bisa juga dengan menggunakan perangkat lunak/aplikasi multimedia yang ada pada komputer.

D. Kesimpulan Penjelasan

Dari penjelasan di atas maka bisa kita ambil kesimpulan bahwa storybord adalah suatu sketsa gambar yang disusun secara berurutan sesuai naskah cerita. Atau storyboard ialah naskah yang di sajikan dalam bentuk sketsa gambar yang berurutan, berguna untuk memudahkan pembuatan alur cerita maupun pengambilan gambar.

Nahh itulah penjelasan Memahami Pengertian Storyboard Beserta Fungsinya gimana sudah sedikit paham yaa apa itu storyboard, semoga bisa membantu anda yang sedang mencari tau pemahaman tentang storyboard, oh ya masih banyak lagi lho artikel menarik lainnya di sini conrtohnya seperti Pengertian Transaksi Beserta Bukti Lengkap Transaksi.

Sampai disini dulu perjumpaan kita kali ini ya semoga apa yang admin bagikan bisa bermanfaat untuk kalian yang sedang mempelajari tentang Apa itu Storyboard sampai ketemu lagi di perjumpaan kita selanjutnya tentunya di artikel menarik lainnya ya, sampai jumpaa.

Penjelasan dari :

sketsa gambar illustrasi bertema pendidikan, gambar beserta deskripsinya, https://kelasilmu com/sekolah/contoh-gambar-ilustrasi-bertema-pendidikan-beserta-penjelasannya/contoh gambar ilustrasi bertema pendidikan beserta penjelasannya, pengertian kubisme simple, contoh gambar ilustrasi bertema pendidikan, gambar ilustrasi bertema pendidikan, gambar kubisme Ra kartini, video melukis teknik akuarel, gambar bentuk kubisme yang gampang, Futurisme mudah dqn sederhana
Memahami Pengertian Storyboard Beserta Fungsinya | pakguru | 4.5