Information about Pengertian dan Contoh Seni Rupa Terapan Lengkap Beserta Gambar Penjelas...

Pengertian dan Contoh Seni Rupa Terapan Lengkap Beserta Gambar Penjelas

Dalam kehidupan sehari-hari tentu kita sudah sering melihat betapa banyaknya karya-karya manusia, mereka yang memiliki kreatifitas tinggi memanfaatkan segala macam benda yang tidak berguna menjadi segala macam benda yang bernilai ekonomis tinggi itu semua dalam seni dinamakan dengan seni rupa terapan, Apa itu seni rupa terapan.? Nah kali ini kantinilmu akan membahas artikel tentang Pengertian dan Contoh Seni Rupa Terapan.

Pengertian seni rupa terapan adalah benda hasil karya seni rupa yang bisa digunakan untuk aktifitas keseharian kita yang memiliki fungsi dan kegunaan tertentu serta memiliki nilai seni tentunya. Seni rupa terapanĀ  dibagi menjadi 2 macam yaitu seni rupa 2 dimensi dan seni rupa 3 dimensi.

An employee at Tate Britain poses for a photograph next to Richard Deacon's "After" during the press preview of the sculptor's major exhibition at Tate Britain, in central London February 3, 2014. Deacon's work will be on show at Tate Britain from February 5 to April 27. REUTERS/Andrew Winning (BRITAIN - Tags: ENTERTAINMENT SOCIETY) *** Local Caption *** Seorang karyawan galeri Tate Britain berdiri di dekat instalasi seni karya Richard Deacon "After" dalam pratinjau untuk pers pameran perupa tersebut di Tate Britain, London, Inggris, Senin (3/2). Karya-karya Deacon akan dipamerkan di Tate Britain dari 5 Februari hingga 27 April 2014. ANTARA FOTO/REUTERS/Andrew Winning/ox/14.

Ada juga fungsi dari seni rupa terapan yaitu ada dua yang pertama fungsi estetis dan fungsi praktis. Fungsi estetis adalah fungsi yang ditujukan hanya untuk keindahan atau hiasan saja tidak digunakan untuk aktifitas sehari-hari. Misalnya vas bunga, guci, batik untuk hiasan dinding dan semacamnya. Fungsi praktis adalah karya seni yang mempunyai tujuan utama untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Misal lemari, kursi, meja, dan lain sebagainya.

Sejarah seni rupa terapan di negeri ini sudah lahir sejak nenek moyang dulu. Seni rupa terapan berkembang sangat pesat pada zaman kerajaan dulu. Menjadi leih pesat lagi ketika teknik peleburan logam sudah ditemukan. Terdapat banyak sekali peninggalan sejarah yang termasuk karya seni rupa terapan.

Jenis Seni Rupa Terapan

Inilah jenis seni rupa terapan, sebagai berikut:

  • Seni Arsitektur adalah benda yang berwujud seperti bangunan, gedung, tempat ibadah dan lainnya.
  • Seni Dekorasi adalah seni rupa terapan yang diperuntukan sebagai penghias suatu tempat, sebuah ruangan dan panggung saat acara.
  • Seni Grafis Terapan adalah seni yang mempunyai fungsi untuk media komunikasi yang berupa gambar.
  • Seni Ilustrasi adalah foto atau gambar untuk menjelaskan suatu bacaan supaya lebih detil. Biasanya kita lihat di buku-buku fiksi maupun nonfiksi.
  • Seni Kriya Terapan adalah karya seni rupa yang dapat digunakan sehari-hari namun memiliki nilai seni.

Contoh Karya Seni Rupa Terapan

Anyaman

seni-terapan-1
Anyaman adalah rangkaian serat yang dibentuk menjadi sebuah benda. Bahan anyaman seringnya berasal dari serat tumbuhan. Namun untuk masa yang modern ini sudah banyak anyaman yang bahannya menggunakan serat plastik. Contohnya anyaman yang termasuk karya seni rupa terapan yaitu keranjang, keset, kursi dan lain sebagaimana.

Keramik

seni-terapan-2
Keramik adalah suatu benda yang termasuk karya seni rupa terapan yang berasal dari hasil pembakaran tanah liat dan telah dibentuk secara manual ataupun dengan memanfaatkan teknologi modern. Contoh dari keramik adalah gerabah, porselin, genteng, guci dan lainnya.

Kerajinan Kulit

seni-terapan-3
Karya seni rupa terapan yang berasal dari kerajinan kulit sangat banyak sekali. Bermacam-macam sekali produk yang berbahan kulit. Mulai dari jaket, sabuk, sepatu dan lainnya. Pengrajin kulit tersebar di beberapa kota terutama di Jawa Barat dan Yogyakarta. Mereka memanfaatkan kulit yang tadinya barang yang bernilai ekonomis rendah menjadi bernilai ekonomis yang tinggi.

Logam

seni-terapan-4
Karya seni rupa terapan yang berasal dari logam cukup terkenal di Indonesia sejak dulu. Terlihat dari betapa banyaknya peninggalan sejarah berupa benda yang terbuat dari logam. sekarang ini sudah sangat banyak pengrajin logam. Misal di Yogyakarta, tepatnya di Kotagede disitu ada banyak sekali pengrajin perak. Bermacam-macam benda yang terbuat dari perak, mulai dari perhiasan untuk dipakai, perabot rumah tangga ataupun untuk hiasan ruangan. Selain perak, tembaga dan kuningan juga merupakan logam yang biasa dijadikan hasil karya seni terapan.

Ukiran Kayu

seni-terapan-5
Ukiran kayu juga merupakan karya seni terapan yang sudah menyatu pada kalangan masyarakat melayu. Di indonesia, daerah penghasil kayu ukir yang sangat terkenal dan bahkan nasional adalah Jepara. Disitu ada berbagai macam ukiran kayu yang bernilai ekonomis tinggi bahkan manca negara, karena jepara terkenal dengan kualitas ukiran kayunya yang bagus dan memiliki tingkat seni tinggi.

Itulah penjelasan tentang pengertian seni rupa terapan beserta contohnya semoga bisa bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi anda pecinta seni rupa terapan atau seni ukir. Terimakasih telah membaca artikel saya baca juga artikel menarik lainnya di www.kantinilmu.id dan artikel unik lainnya di www.populerunik2.blogspot.com

Penjelasan dari :

gambar seni kriya, geguritan tema perpisahan, contoh karya seni rupa terapan mancanegara lengkap, contoh kritik seni, contoh kritik seni rupa, kliping seni budaya beserta gambarnya, contoh kritik karya seni rupa, contoh kliping seni rupa beserta gambarnya, gambar seni rupa terapan, manfaat kritik seni
Pengertian dan Contoh Seni Rupa Terapan Lengkap Beserta Gambar Penjelas | yusuf | 4.5