Pengertian dan Macam-Macam Plastik

Dalam kehidupan Tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan yang namanya plastik bahkan setiap hari kita pasti melihatnya dan mungkin menggunakannya untuk membawa sesuatu, mungkin tidak banyak dari kita yang tau jenis-jenis plastik yang baik atau yang kurang baik untuk kesehatan, maka dari itu kali ini kelasilmu.com akan membahas artikel Pengertian dan Macam-Macam Plastik, sebelumnya mari kitta simak pengertian dari plastik.

plastik 1

Plastik yaitu polimer rantai panjang atom yang mengikat satu sama lain. Rantai ini membentuk banyak unit molekul berulang, atau “monomer”. Plastik yang sering kita lihat atau umum adalah terdiri dari polimer karbon saja atau dengan oksigen, nitrogen, chlorine atau belerang di tulang belakang. Tulang-belakang ialah satuan dari rantai di jalur utama yang menyambungkan unit monomer menjadi satu kesatuan. Untuk mengeset properti plastik grup molekuler berlainan “bergantung” dari tulang-belakang (biasanya “digantung” sebagai bagian dari monomer sebelum menyambungkan monomer bersama untuk membentuk rantai polimer).

plastik 2
Asal pengembangan plastik adalah dari penggunaan material alami (seperti: permen karet, “shellac”) sampai ke material alami yang dimodifikasi secara kimia (seperti: karet alami, “nitrocellulose”) dan akhirnya ke molekul buatan-manusia (seperti: epoxy, polyvinyl chloride, polyethylene)

 Macam-Macam Jenis Plastik

a. PETE (Polyethylene Terephthalate)

plastik 3
PETE atau PET adalah salah satu plastik yang digunakan untuk wadah makanan. Plastik PETE sering kita temukan di hampir semua botol air mineral dan beberapa pembungkus lainnya. Plastik ini dirancang hanya untuk satu kali pemakaian saja. Jadi, jika digunakan berulang kali bisa meningkatkan resiko ikut terkonsumsinya bahan plastik dan bakteri yang berkembang pada bahan  plastik tersebut. Hal ini disebabkan jenis plastik PETE ini sulit untuk dibersihkan dari bakteri dan bahan plastik PETE dapat bersifat racun. Plastik ini sebaiknya didaur ulang dan tidak digunakan kembali.

b. HDPE (High-Density Polyethylene)

plastik 4
Plastik HDPE adalah jenis plastik yang digunakan untuk membuat botol susu, botol deterjen, botol shampo, botol pelembab, botol minyak, mainan, dan beberapa tas plastik. HDPE ialah plastik yang paling sering didaur ulang dan dianggap plastik paling aman.Tekstur plastik jenis ini sangat keras dan tidak mudah rusak karna sinar matahari.

c. PVC (Polyvinyl Chloride)

plastik 8

Plastik PVC mempunyai sifat lembut dan fleksibel. Plastik jenis ini sering dipakai untuk membuat plastik pembungkus makanan, botol minyak sayur, dan mainan anak-anak seperti pelampung renang. Selain itu juga digunakan untuk membuat pipa plastik, dan komponen kabel komputer. PVC dikhawatirkan sebagai “plastik beracun” karena mengandung berbagai racun yang dapat mencemari makanan. Plastik ini juga sukar didaur ulang.

d. LDPE (Low-Density Polyethylene)

plastik 5

LDPE sering kita temukan pada pembungkus baju, kantung pada layanan cuci kering, pembungkus buah-buahan agar tetap segar, dan pada botol pelumas. LDPE memiliki tingkat racun yang cukup rendah daripada plastik yang lain. LDPE tidak umum untuk didaur ulang, jika didaur ulang plastik LDPE biasanya digunakan sebagai bahan pembuat ubin lantai.

e. PP (Polypropylene)

plastik 9
Plastik PP memilliki tekstur yang kuat, ringan, dan tahan terhadap panas. Plastik PP bisa menjaga bahan yang ada di dalamnya dari kelembaban, minyak dan senyawa kimia lain. PP sering dipakai untuk pembungkus pada produk sereal sehingga tetap kering dan segar. PP juga digunakan untuk membuat ember, kotak margarin dan yogurt, sedotan, tali, isolasi, dan kaleng plastik cat. Plastik jenis PP dianggap aman jika digunakan kembali dan dapat didaur ulang.

f. PS (Polystyrene)

plastik 6
Polystyrene atau styrofoam yaitu plastik yang murah, ringan, dan mudah dibentuk. Plastik ini sering dipakai di berbagai kebutuhan. Biasanya plastik PS digunakan sebagai botol minuman ringan, karton telor, kotak makanan, dan pembungkus bahan yang akan dikirim dalam jarak jauh. Plastik PS ini mudah rusak dan rapuh, sehingga mudah terpotong-potong menjadi kecil dan mudah mencemari lingkungan. Sebaiknya tidak membungkus makanan dengan plastik jenis ini.

g. Bahan Plastik Lain (BPA, Polycarbonate, dan LEXAN)

plastik 7
Kategori plastik BPA Polycarbonate, dan LEXAN sering digunakan untuk membuat aksesoris kendaraan, namun ada juga pabrik yang menggunakan plastik ini sebagai bahan baku botol minuman bayi dan pembungkus makanan. Penggunaan plastik ini sebagai botol minuman dan pembungkus makanan sangat tidak dianjurkan, karena salah satu zat penyusun plastik ini misalnya BPA (Bisphenol A) merupakan senyawa yang dapat mengganggu kerja hormon-hormon tubuh.

Itulah sedikit penjelasan tentang Macam-Macam Plastik yang sering kita lihat dan kita gunakan sehari-hari mungkin artikel ini bisa bermanfaat untuk pembaca. Terimakasi telah membaca artikel saya dan baca juga artikel menarik lainnya di www.kelasilmu.com.

Penjelasan dari :

pengertian plastik, macam macam plastik, macam macam jenis plastik, jenis jenis plastik dan contohnya, definisi plastik, macam plastik, jenis jenis plastik, materi tentang plastik, gambar jenis plastik dan penertianya, materi plastik
Pengertian dan Macam-Macam Plastik | yusuf | 4.5