Pengertian HTTP Dan Fungsi Singkatnya

Pengertian HTTP Dan Fungsi Singkatnya – Memahami definisi atau pengertian HTTP dan fungsinya secara singkat. Bagi kalian yang sering browsing di internet mungkin sudah mengenal atau sudah tidak asing lagi dengan istilah HTTP. Istilah ini biasanya bisa dilihat pada address bar web browser (mozila, chrome, opera, safari, dll.) pada komputer kamu saat melakukan browsing di internet, atau lebih tepatnya pada alamat web yang sering disebut dengan URL. Tetapi mungkin saja ada yang belum mengetahui apa itu arti dari HTTP, dan bagaimana cara kerjanya sehingga bisa menampilkan halaman web yang diinginkan? nah… untuk lebih memahaminya mari kita bahas pada penjelasan ini.

Pengertian HTTP Dan Fungsi Singkatnya

Pengertian HTTP Dan Fungsi Singkatnya

A. Sejarah Singkat HTTP

Sebelum memahami definisinya alangkah lebih baik kita mengetahui sejarahnya terlebih dahulu. HTTP sebagai protokol pertama kalinya digunakan pada WWW tahun 1990, saat itu di gunakan protokol HTTP dengan versi 0.9. Lalu tepatnya pada tahun 1996 HTTP semakin di sempurnakan lagi menjadi versi 1.0. Perubahan tersebut bertujuan untuk memfasilitasi tipe dokumen yang akan di kirim beserta dengan endkoding yang digunakan untuk pengiriman data dokumen tersebut. Karena infrastruktur jaringan internet semakin berkembang maka dikeluarkan HTTP dengan versi 1.1 tepatnya pada tahun 1999 untuk memfasilitasi proxy, cache dan koneksi yang persisten.

HTTP juga berfungsi sebagai protokol untuk komunikasi diantara user agent, proxy, gateway dengan sistem internet lainnya seperti Simple Mail Transfer Protocol, File Transfer Protocol, Gopher, Network News Transfer Protocol, Wide Area Information Servers.

B. Penjelasan Mengenai HTTP

Hypertext Transfer Protocol atau yang lebih dikenal dengan singkatan HTTP yaitu suatu protokol yang digunakan untuk akses antara client dan server pada jaringan komputer, khususnya internet. Atau bisa di artikan juga sebagai sebuah protokol pada internet yang digunakan sebagai metode dalam mentransfer halaman World Wide Web (www). Dalam menerima data dari server umumnya client menggunakan web browser.

Umumnya orang-orang mengenal HTTP dari yang di implementasikan pada salah satu protokol jaringan internet. Dengan menggunakan protokol HTTP maka bisa mendefinisikan bagaimana halaman atau pesan di format lalu dikirimkan dari client kepada server atau bisa juga sebaliknya dari server ke client. Misalnya bila kita mengetik suatu alamat website di address bar web browser, maka web browser itu akan melakukan pengiriman perintah HTTP ke web server, lantas web server-pun akan menerima permintaan itu dan melakukan aktivitasnya sesuai dengan permintaan web browser, dan hasilnya akan ditampilkan di web browser. Web browser atau client itu umumnya akan memulai permintaannya dengan cara membuat hubungan TCP/IP ke port tertentu, biasanya pada port 80 atau 8080.

C. Apa Fungsi HTTP?

Setelah penjelasan di atas tadi maka dapat disimpulkan fungsi dari HTTP yaitu berfungsi untuk menformat lalu mentransferkan data dari server ke web browser, sehingga data yang diminta oleh client dapat di tampilkan di web browser.

D. Bagaimana Cara Kerja HTTP?

Server akan menanti permintaan dari web browser atau client. Web server biasanya akan siap di port 80 atau 8080 karena port tersebut adalah port standar yang biasanya di gunakan oleh HTTP. Saat web browser mengirimkan permintaan ke web server maka permintan tersebut kan segera di proses atau di respon secepat mungkin. Seperti web browser atau client meminta halaman web maka web server akan segera mencari halaman yang diminta oleh web browser, lalu halaman web tersebut akan di kirimkan sebagai respon. Halaman web yang diminta tentunya akan di tampilkan oleh web server pada web browser.

E. Apa Perbedan HTTP Dan HTTPS?

Seperti yang sudah di jelaskan di atas tadi bahwa HTTP adalah singkatan dari “Hypertext Transfer Protocol” adalah suatu protokol yang umumnya digunakan www untuk mengatur komunikasi client dan server. Jadi client mengirim permintaan kepada server, lalu server akan merespon dan mengirim data yang di minta oleh client dan menampilkannya di web browser.

Sedangkan yang dimaksud HTTPS adalah singkatan dari “Hypertext Transfer Protocol Secure”, adalah protokol yang berfungsi oleh WWW untuk mengatur komunikasi client dan server, tapi HTTPS dalam menyampaikan datanya mempunyai tingkat keamanan lebih baik dibandingkan HTTP.

Jadi bisa disimpulkan bahwa HTTPS mempunyai tingkat keamanan data yang lebih baik dibandingkan dengan HTTP. Dan HTTP standarnya menggunakan port 80 atau 8080, sedangkan HTTPS standarnya menggunakan port 443. Untuk menggunakan HTTPS maka dibutuhkan yang namanya sertifikat SSL, karena HTTPs mempunyai keamanan yang lebih terjamin dalam menyampaikan datanya. Dengan menggunakan SSL maka bisa dipastikan penyampaian data secara online akan di enkripsi terlebih dahulu sehingga tidak dapat dibaca oleh pihak lain.

Nahh itulah Pengertian HTTP Dan Fungsi Singkatnya gimana sudah sedikit paham yaa apa itu HTTP , semoga bisa membantu anda yang sedang mencari tau pemahaman tentang HTTP , oh ya masih banyak lagi lho artikel menarik lainnya di sini contohnya seperti Pengertian Aplikasi Beserta Contoh Dan Jenisnya.

Sampai disini dulu perjumpaan kita kali ini ya semoga apa yang admin bagikan bisa bermanfaat untuk kalian yang sedang mempelajari tentang Apa itu HTTP  , sampai ketemu lagi di perjumpaan kita selanjutnya tentunya di artikel menarik lainnya ya, sampai jumpaa.

Penjelasan dari :

irah irahan deklaratif, irah-irahan deklaratif yaiku, irah-irahan deklaratof yaiku, pengertian irah-irahan deklaratif
Pengertian HTTP Dan Fungsi Singkatnya | pakguru | 4.5