Pengertian Jenis Tokoh Protagonis, Antagonis, Tritagonis dalam Novel

Dalam sebuah novel pasti akan ada objek yang dibahas dalam cerita tersebut dan juga akan ada seseorang yang terjun dalam cerita itu untuk menyampaikan isi dan maksud cerita tersebut, dalam sebuah cerita ada beberapa jenis nama tokoh yang berperan didalamnya, maka dari itu kali ini kelasilmu.com akan membahas artikel tentang Pengertian Jenis Tokoh Protagonis, Antagonis, Tritagonis dalam Novel. Sebelumnya mari kita simak apa pengertian dari penokohan tersebut.

Penokohan

Penokohan yaitu salah satu unsur intrinsik dalam sebuah karya sastra di samping tema, sudut pandang, amanat alur, dan latar/setting.
Penokohan ialah cara pengarang dalam menggambarkan karakter tokoh-tokoh yang ada dalam cerita. Sementara tokoh adalah orang/pelaku yang berperan dalam cerita.

Macam-Macam Penokohan

Dilihat dari peranannya didalam sebuah cerita, tokoh dibagi menjadi tiga jenis. Jenis-jenis tokoh tersebut yaitu :

  • Tokoh Protagonis
    tokoh 1
    Tokoh Protagonis adalah tokoh yang mendukung cerita. Biasanya ada satu atau dua figur tokoh protagonis utama dan dibantu tokoh lain yang terlibat dalam cerita. Tokoh Protagonis biasanya berwatak baik, dan menjadi idola pembaca/pendengar.
  • Tokoh antagonis

tokoh 2
Tokoh antagonis adalah tokoh yang menjadi penentang cerita. Biasanya ada satu,dua atau lebih figur tokoh yang menentang cerita. Tokoh jenis ini sudah pasti berwatak jahat dan dibenci oleh pembaca dan pendengar.

  • Tokoh tritagonis

tokoh 3
Tokoh tritagonis adalah tokoh pembantu/penengah dalam cerita baik untuk tokoh protagonis dan antagonis.

Jenis Penggambaran Tokoh

Untuk penggambaran sifat atau karakter seorang tokoh pengarang biasanya menggunakan dua teknik. Dua teknik tersebut yaitu :

  • Teknik analitik, adalah karakter/sifat tokoh dalam cerita yang diceritakan secara langsung oleh pengarang.
  • Teknik dramatik, adalah karakter/sifat tokoh yang dikemukakan lewat penggambaran tertentu, misalnya fisik dan perilaku tokoh, lingkungan kehidupan, dialek bahasa, jalan pikiran, dan lewat gambaran tokoh lain.

Itulah sedikit penjelasan tentang Pengertian dan macam-macam tokoh dalam Novel mungkin bisa menjadi referensi untuk pembaca dan semoga bisa bermanfaat. Terimakasih telah membaca artikel saya dan baca juga artikel menarik dan mendidik lainnya di www.kelasilmu.com.

Penjelasan dari :

antagonis, protagonis, tritagonis, tritagonis adalah, tokoh tritagonis, pengertian protagonis, protagonis adalah, pengertian tritagonis, tokoh protagonis, pengertian antagonis
Pengertian Jenis Tokoh Protagonis, Antagonis, Tritagonis dalam Novel | yusuf | 4.5