Pengertian Web Browser Beserta Contohnya

Pengertian Web Browser Beserta Contohnya – pengertian web browser dan contohnya maupun kegunaanya? Saat kita mengakses halaman website di internet baik itu lewat perangkat komputer ataupun mobile kita sering sekali menggunakan perangkat lunak yang namanya web browser (Firefox, Google Chrome, Opera, dll), Pastinya dengan perangkat lunak ini kita bisa dengan mudah mengakses bermacam-macam informasi ntah itu dalam bentuk teks, audio,video, dll. yang terdapat pada web server. Lalu pada kali ini kita akan belajar bersama-sama untuk memahami secara singkat dan jelas tentang definisi web browser, yang dimana penjelasannya dapat kamu baca di bawah ini.

Pengertian Web Browser Beserta Contohnya
A. Mengeal Web Browser Secara Umum

Penjelajah Web atau yang lebih di kenal dengan sebutan Web Browser ialah suatu software (perangkat lunak) yang berguna untuk menerima dan menampilkan informasi yang berasal dari internet. Atau singkatnya yaitu software yang berguna untuk menjelajahi jaringan internet sehingga bisa mempermudah kita untuk mencari berbagai macam informasi dari halaman website yang tersimpan di web server. Selain ditujukan untuk mengakses informasi yang berasal dari internet web browser juga berguna untuk mengakses informasi yang ada pada server yang ada pada jaringan pribadi.

B. Bagaimana Cara Kerja Web Browser?

Sewaktu kita menulis alamat suatu website di address bar suatu web browser, lalu alamat itu akan melewati protokol HTTP melawati port 80 ataupun port 433 pada server. Lalu web browser akan mengirimkan aturan yang disebut protokol TCP/IP. Setelah dikimkan ke web server maka web server akan memberikan respon atau tanggapan permintaan dari web browser tesebut. Web server akan memeriksa ketersediaan informasi / file yang di minta oleh web browser lalu mengirimkan file tersebut. Selanjutnya web browser akan menerjemahkan HTML yang dikirimkan web server menjadi halaman web dan menampilkannya. Tetapi bila file yang diminta tidak tersedia di web server, maka web browser akan menampilkan pesan terterntu seperti “file not found”, “error 404”, dan sebagainya. (Baca juga: Memahami pengertian web server dan cara kerjanya).

C. Apa Saja Fungsi / Kegunaan Web Browser?

Berikut ini fungsi-fungsi dari web browser, yang diantaranya seperti :

1. Caching

Web browser berguna untuk mereduksi dari penggunaan bandwidth, mengurangi kesibukan server dan mencegah terjadinya lag. Caranya yaitu dengan instruksi yang sering digunakan atau di akses.

2. State Maintenance

Merupakan mekanisme dimana untuk memastikan apakah web browser itu tetap stabil untuk digunakan merequest atau merespon permintaan.

3. Requesting Supporting Data Item

Adalah mekanisme untuk meminta item yang dapat mendukung data yang di minta oleh user, salah satu contohnya plugin flash player yang dapat di gunakan pada web browser.

4. Authentication

Yang dimaksud authentication yaitu proses untuk melakukan validasi terhadap indentitas user, yang dimana tujuannya untuk memberikan ijin apakah user tersebut dapat mengakses jaringan atau tidak. Contohnya seperti memasukan nama user dan password saat akan mengakses sesuatu.

5. Rendering Complex Object

Berguna untuk menampilkan segala sesuatu yang terdapat pada halaman website, misalnya seperti efek-efek yang digunakan untuk memperindah tampilan halaman website tersebut, sehingga halaman website yang di tampilkan menjadi sempurna.

6. Taking Action in Responses to Other Header & Status Code

Saat mengunjungi suatu halaman website, PC akan meminta data yang berasal dari server melalui protokol HTTP. Sebelum halaman web yang di minta akan menampilkan dalam browser, web server akan mengirimkan header HTTP yang dimana memiliki kode situs tersebut. Kode situs itulah yang akan menyediakan informasi tentang permintaan mengenai informasi.

7. Dealing with Error Condition

Web browser juga berfungsi untuk menangani jika terjadi error.

D. Apa Saja Manfaat Web Browser?

Adapun beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari web browser diantaranya seperti:

  • Dapat digunakan untuk mengakses berbagai macam informasi yang berasal dari jaringan komputer terutama jaringan internet.
  • Dapat mempermudah mengakses situs yang kita inginkan.
  • Dapat digunakan untuk berjejaring sosial di internet.
  • Dapat mempermudah menyimpan dan mengakses file yang kita simpan di internet.
  • Dapat melakukan bookmark pada situs yang kita anggap penting.
  • Untuk menampilkan hasil script program PHP, HTML, dll.
  • Dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

E. Beberapa Contoh Web Browser

Beberapa contoh web browser yang populer saat ini diantaranya seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, dan Safari.

1. Mozilla Firefox

Adalah salah satu web browser yang paling banyak digunakan saat ini, Mozilla Firefox sifatnya open source. Mozilla Fireforx dikembangkan oleh Mozilla Corporation tepatnya di rillis pada tahun 2004, dan dapat dikatakan web browser ini sangat sukses karena banyak sekali yang menggunakannya untuk menjelajahi internet.

2. Google Chrome

Adalah salah satu web browser yang saat ini paling banyak digunakan juga selain Mozilla Firefox. Salah satu kelebihan dari Google Chrome yaitu akses halaman web yang cukup cepat, dan memiliki antar muka yang sederhana sehingga web browser ini sangat diminati oleh banyak orang.

3. Opera

Opera Adalah web browser yang dapat digunakan pada berbagai macam platfrom baik itu pada PC maupun pada gadget seperti handphone, tablet dan sebagainya. Tentunya Opera dapat digunakan pada berbagai macam sistem operasi misalnya seperti pada Windows, Linux, Mac Os, dan sebagainya. Opera menjadi salah satu web browser yang laris pada perangkat mobile.

4. Safari

Adalah web browser yang dibuat oleh Apple Inc. Safari awalnya hanya dapat digunakan pada sistem operasi Mac Os, tetapi seiring perkembangan zaman maka Apple membuat Safari yang dapat di gunakan pada sistem operasi Windows dan yang lainnya.

Nahh itulah Pengertian Web Browser Beserta Contohnya gimana sudah sedikit paham yaa apa itu Web Browser, semoga bisa membantu anda yang sedang mencari tau pemahaman tentang Web Browser, oh ya masih banyak lagi lho artikel menarik lainnya di sini conrtohnya seperti Pengertian Analisis SWOT Beserta Manfaatnya.

Sampai disini dulu perjumpaan kita kali ini ya semoga apa yang admin bagikan bisa bermanfaat untuk kalian yang sedang mempelajari tentang Apa itu Web Browser, sampai ketemu lagi di perjumpaan kita selanjutnya tentunya di artikel menarik lainnya ya, sampai jumpaa.

Pengertian Web Browser Beserta Contohnya | pakguru | 4.5