Pengertian WiFi Beserta Fungsi Maupun Cara Kerjanya

Pengertian WiFi Beserta Fungsi Maupun Cara Kerjanya  – Perangkat WiFi untuk sekarang ini sangat populer karena praktis dan mudah digunakan. Pada umumnya saat ini semua perangkat mobile seperti handphone dan laptop sudah menyediakan fitur WiFi. Disamping itu pada era sekarang ini koneksi internet sangat di perlukan terutama untuk kepentingan pekerjaan ataupun untuk saling berkomunikasi di media sosial. Banyak sekali tempat-tempat yang menyediakan koneksi internet WiFi mulai dari restoran, cafe, hotel, penginapan, taman dan tempat lainnya. Karena tempat-tempat yang menyediakan koneksi internet gratis akan menarik banyak pengunjung.

Pengertian WiFi Beserta Fungsi Maupun Cara Kerjanya

A. Apakah Itu WiFi?

“Wireless Fidelity” atau disingkat WiFi ialah suatu teknologi yang memakai gelombang radio untuk menghubungkan perangkat (PC, Laptop, smartphone) ke jaringan komputer. Atau definisi WiFi yaitu teknologi yang memakai gelombang radio supaya komputer bisa mengakses internet.

Untuk koneksi WiFi maka diperlukan adaptor nirkabel (tanpa kabel) untuk membangun hotspot, sehingga dengan cangkupan tertentu user bisa mengakses internet. Dalam koneksivitasnya WiFi menggunakan nirkabel untuk menghubungkan ke perangkat user, yang umumnya memakai frekwensi 2.4GHz s/d 5GHz. Pada awalnya WiFi hanya di gunakan sebagai perangkat nirkabel pada jaringan LAN (Local Area Network) saja, tapi seiring perkembangan teknologi dan kebutuhan user maka saat ini bisa digunakan juga untuk mengakses jaringan internet.

B. Cara Kerja WiFi Secara Singkat

Secara singkat cara kerja dari WiFi pada komputer adalah Wireless LAN yang telah di konfigurasi sehingga menjadi WiFi akan menerima data dari komputer yang berbentuk digital. Setelah itu data itu diubah menjadi sinyal radio lalu dikirimkan ke router, pengiriman gelombang ini melalui antena yang ada pada adaptor. Dan sinyal dari router akan mengirimkan data yang telah di olah dari internet ke komputer yang sudah tersambungkan dengan WiFi adaptor. (Baca juga: Pengertian WLAN atau wireless LAN).

C. Fungsi WiFi

Dari penjelasan di atas maka bisa diambil kesimpulan,bahwa WiFi Berfungsi sebagai:

a. Untuk Koneksi Ke jaringan Internet

Bisa menghubungkan perangkat PC, laptop maupun smartphone yang mendukung WiFi ke jaringan internet tanpa menggunakan kabel, jadi lebih praktis dan cepat.

b. Sharing File

Perangkat yang mendukung WiFi memungkinkan bisa saling berbagi data/File tanpa menggunakan kabel, sehingga lebih praktis dan tidak ribet.

c. Menghubungkan Handphone ke PC

Saat ini handphone semakin canggih dan sudah mendukung WiFi, dengan tambahan aplikasi tertentu maka handphone kita bisa terhubung ke PC atau Laptop tanpa menggunakan USB cukup dengan WiFi saja, dan tentunya PC atau Laptop kita juga harus mendukung perangkat wireless.

d. Menjadikan Handphone Sebagai Modem

Bukan Hanya sebagai penerima sinyal WiFi saja, tapi smartphone juga bisa dijadikan modem portable lebih tepatnya sebagai pemancar sinyal radio atau hotspot. Sehingga bila di hubungkan ke perangkat Laptop/PC yang mendukung WiFi, maka Laptop/PC tersebut dapat mengakses internet.

e. Kecepatan Yang Baik

Untuk pengguna smartphone tentunya kecepatan bila menggunakan WiFi lebih baik ketimbang hanya menggunakan jaringan seluler biasa saat mengakses Internet. Banyak sekali pengguna smartphone yang memakai WiFi untuk mengakses streaming video, dan mendownload file, karena akses yang cepat dan mudah. Selain itu alasan lainnya menggunakan WiFi karena hemat biaya.

D. Manfaat WiFi

Adapun beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari WiFi misalnya seperti:

a. Aksesbilitas

Dengan WiFi maka kita bisa mengakses jaringan internet dengan cepat dan praktis tidak harus menggunakan kabel, dimanapun dan dimanapun lokasi kita selama ada sinyal hotspot, baik itu menggunakan handphone, laptop maupun PC yang mendukung WiFi Tentunya.

b. Mobilitas

WiFi mempunyai mobilitas yang tinggi, karena saat ini WiFi banyak sekali tersedia di tempat-tempat publik mulai dari taman,cafe,restoran, supermarket, hotel dll. dengan akses internet yang mudah tanpa menggunakan kabel sehingga sangat praktis.

c. Produktivitas

Bagi orang-orang yang bekerja mengandalkan jaringan internet, maka dengan WiFi produktivitas pekerjaan bisa meningkat, karena akses internet yang mudah.

d. Distribusi

Tidak seperti mengakses jaringan internet yang menggunakan kabel, WiFi sangat praktis dan tidak ribet jadi bisa digunakan kapan saja, dengan menggunakan WiFi jaringan internet gampang yang mudah diakses oleh banyak orang

e. Hemat Biaya

Untuk membuat jaringan internet yang mendukung WiFi tentunya cenderung hemat biaya terutama hemat dalam membeli kabel. Inilah yang menjadi alasan beberapa perusahaan dan orang-orang lebih memilih membangun perangkat nirkabel. Terutama bagi pengguna laptop dan smartphone yang banyak sekali menggunakan WiFi untuk streaming video bahkan untuk mendownload file, dengan WiFi maka bisa menghemat biaya bayangkan jika menggunakan data seluler mungkin akan boros biaya.

E. Kelebihan Dan Kekurangan WiFi

Adapun beberapa keunggulan/kelebihan jika menggunakan WiFi, misalnya seperti:

  • Hemat biaya.
  • Praktis saat mengakses internet, melakukan sharing file, dll. dimana saja dan kapan saja tentunya dalam radius tertentu dari hotspot.
  • Mengurangi penggunaan kabel, dan dapat mengatasi dimana kabel tidak dapat digunakan pada tempat atau ruang tertentu.
  • Jaringan WiFi tergolong awet dan tahan terhadap berbagai macam gangguan.
  • Tidak terlalu banyak konfigurasi. Misalnya dalam dalam suatu kantor terdapat beberapa ruangan, cukup konfigurasi jaringan wifi satu saja pada setiap ruangan. Sehingga Jika ada pegawai kantor yang sering berpindah ruangan atau tempat kerja maka tidak perlu konfigurasi jaringan internet lagi.

Adapun beberapa kekurangan jika menggunakan WiFi, misalnya seperti:

  • Keamanan yang kurang baik, sehingga jaringan WiFi harus diamankan misalnya dengan menggunakan password. Hal ini untuk menghindari orang-orang yang tidak memiliki kepentingan mengakses jaringan WiFi tersebut.
  • Sinyal WiFi cenderung terpengaruh keadaan cuaca dan iklim.
  • Penyaluran sinyal yang tidak merata, karena batasan jarak.
  • Tidak cocok digunakan untuk aktivitas transfer data yang sangat besar.

Itulah penjelasan tentang Pengertian WiFi Beserta Fungsi Maupun Cara Kerjanya semoga bisa bermanfaat untuk kawan-kawan semua, khususnya bagi kalian anak sekolah yang mungkin sedang mencari tugas dari gurunya, oh ya masih banyak lagi lho artikel menarik lainnya contohnya seperti Pengertian Populasi Dan Sampel Cara Sampling.

Sampai disini dulu perjumpaan kita kali ini ya semoga apa yang admin bagikan bisa bermanfaat untuk kalian yang sedang mempelajari tentang Wifi portabel sampai ketemu lagi di perjumpaan kita selanjutnya tentunya di artikel menarik lainnya ya, sampai jumpaa.

Penjelasan dari :

contoh ukara lelewaning basa, tuladha lelewaning basa kang awujud wiwitane arep mratelakake sawijining nanging ndeloki sing salah kaya piye
Pengertian WiFi Beserta Fungsi Maupun Cara Kerjanya | pakguru | 4.5