Perbedaan Antara Kera Dan Monyet

kera 4

Orang-orang banyak yang berpendapat bahwa Kera dan Monyet adalah hewan yang sama tetapi ternyata 2 hewan ini adalah jenis hewan yang berbeda, mungkin 2 hewan ini lahir dari species yang sama tetapi menurut jenisnya kedua hewan ini adalah jenis hewan yang berbeda, maka dari itu kali ini kelasilmu.com akan membahas artikel tentang Perbedaan Antara Kera Dan Monyet.

Monyet dan kera memang jenis hewan yang sama yaitu mammalia (menyusui) dari ordo Primata (Primates). Ordo adalah bisa disebut hewan lemur, tarsius, monyet, kera, dan manusia. Untuk tarsius dan lemur ini jenis hewan yang lebih mudah dibedakan, baik dari ukuran tubuh maupun bentuk fisiknya. Namun banyak orang yang tertukar ketika mendefinisikan antara kera dan monyet.

kera 3

Perbedaan antara kera dengan monyet bisa kita lihat dari perbedaan ciri-ciri fisik/tubuhnya. Berdasarkan klasifikasi ilmiah, ternyata 2 primata ini kera (apes) dan monyet (monkeys) berasal dari sub-famili yang berbeda. Kera berasal dari superfamili Hominoidea. Superfamili ini yang terdiri atas family Hominidae dan hominidea ini terdiri dari empat genus yaitu Gorilla (Gorila), Homo (Manusia), Pan (Simpanse), dan Pongo (Orangutan), dan famili Hylobatidae (Gibbon) yang terdiri dari empat genus yaitu Hoolock, Hylobates, Nomascus, dan Symphalangus.

Sedangkan kera (monkeys) ini termasuk dalam kategori superfamili Cercopithecidae dengan satu famili yakni Cercopithecidae. Famili ini terdiri dari beberapa janis yaitu genus Allenopithecus, Allochrocebus, Cercocebus, Cercopithecus, Chlorocebus, Colobus,  dan Erythrocebus. Juga genus Lophocebus, Macaca, Mandrillus, Miopithecus, Nasalis, Papio, Piliocolobus, Presbytis, Procolobus, Pygathrix, Rhinopithecus, Rungwecebus, Semnopithecus, Simias, Theropithecus, dan Trachypithecus.

kera 1

Secara fisik, perbedaan antara kera dan monyet yang paling menonjol dan sudah sangat terlihat yaitu pada ekornya. Karena kera ini tidak memiliki ekor sedangkan dan sedangkan monyet memiliki ekor yang panjang. Selain itu, ada banyak perbedaan secara fisik lainnya yaitu :

monyet 2

  • Ekor; pada hewan Kera tidak memiliki ekor pada tubuhnya sedangkan pada hewan monyet memiliki ekor yang panjang pada tubuhnya.
  • Panjang lengan; Pada hewan jenis kera memiliki bentuk lengan lebih panjang dibandingkan dengan kakinya sedangkan hewan monyet memiliki ukuran lengan hampir sama atau bahkan lebih pendek dibandingkan dengan ukuran kakinya.
  • Kegunaan lengan; Kera sering mempergunakan lengannya untuk bergantungan di cabang atau ranting pepohonan sedangkan jenis hewan monyet lebih jarang menggunakannya karena monyet lebih suka merayap bukan bergantungan.
  • Kegunaan kaki; Kera bisa berjalan menggunakan kedua kakinya sedangkan monyet pada umumnya berjalan dengan menggunakan keempat kakinya.
  • Ukuran otak; Kera mempunyai ukuran perbandingan otak dengan tubuh yang lebih besar daripada monyet.

Perbedaan secara tingkah laku antara kera dan monyet disebabkan karena perbedaan volume otak pada kedua hewan tersebut. Dengan volume otak yang lebih besar, kera lebih memilih menggunakan alat-alat untuk berburu mangsa dibandingkan monyet. Habitat kera yaitu terestrial hingga semi terestrial sedangkan monyet bersifat arbotrial (tinggal di pohon).

monyet 1

itulah sedikit penjelasan tentang perbedaan antara Kera dan Monyet, mungkin ada penjelasan lain tentang perbedaan kedua hewan tersebut dari berbagai sumber tetapi mungkin ini bisa menjadi sedikit referensi uintuk pembaca.

Terimakasih telah membaca artikel saya dan semoga bermanfaat, jangan lewatkan artikel kelasilmu.com yang lainnya ya.

Penjelasan dari :

monyet, kera, ciri ciri kera, ciri khusus monyet dan fungsinya, klasifikasi hewan monyet, gambar kera, ciri ciri monyet, gambar monyet, kera dan monyet, Ciri khusus hewan kera
Perbedaan Antara Kera Dan Monyet | yusuf | 4.5